Tuesday, April 2, 2013

PENGERTIAN ISTILAH PERBANKAN


MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH
1.      Lending adalah produk-produk kredit.
funding adalah produk penyimpanan dana dan investasi.
a.       Rekening giro adalah rekening yang paling likuid (mudah cair), karena dana di dalamnya dapat dicairkan dan dipindahbukukan dengan berbagai cara.
b.      Tabungan pada dasarnya hanya dapat dibuka atas nama perorangan. Perhitungan bunga tabungan umumnya berjenjang, semakin besar saldonya, semakin besar pula bunganya.
c.       Deposito menjanjikan bunga yang jauh lebih besar daripada tabungan dan giro. Tetapi, anda tidak dapat menarik dana tersebut hingga tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan, karena pencairan deposito sebelum jatuh tempo umumnya dikenakan penalti.
2.     
3.      Menurut saya, jika ingin bank itu berjalan dengan baik maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat manajemen perbankan yang bisa memajukan perbangkan itu sendiri, yaitu dengan cara mengintropeksi kelemahan perbankan yang kita jalankan supaya tetap berjalan dengan baik.
4.      Bunga adalah tambahan yang dikenakan dalam transaksi pinjaman uang (al-qardh) yang diperhitungkan dari pokok pinjaman tanpa mempertimbangkan pemanfaatan/hasil pokok tersebut, berdasarkan tempo waktu,
Riba adalah tambahan tanpa imbalan yang disyaratkan oleh pihak yang meminjamkan atau berpiutang kepada peminjam.

0 comments: