Sunday, June 17, 2012

Peserta komunikasi


Peserta komunikasi
Di mana peserta komunikasi ini, apabila ada yang menyampaikan dan ada yang menerima pesan baik berupa komunikasi perbal atau non perbal atau dengan kata lain komunikan dan komunikator untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan di bawah ini apa itu komunikator dan apa itu komunikan.  
v komunikator
Yang di maksud komunikator adalah tempat berasalnya sumber pengertian yang di komunikasikan atau denga n kata lain seseorang yang mengambil prakarsa dalam komunikasi atau dengan bahsa sederhana   bisa di sebut orang yang menyampaikan berita atau pesan.
v komunikan
Yang di maksud komunikan adalah orang yang menerima pesan penerimaan pesan tersebut bisa melalui pendengaran penglihatan atau secara perbal atau non perbal.
v Macam macam komunikasi
Setelah kita mengetahui ap itu kmunikator dan komunikan marilah kita perhatikan macam macam komunikasi, komunikasi dapat di beda bedakan sebagai berikut.
a.menurut lawan komunikasi
1.    satu lawan satu di sebut komunikasi pribadi (ommuni comukation).
2.  satu lawan banyak di sebut komunikasi umum (public ommunication).
3.  banyak lawan satu di sebut komunikasi umum.
4.   banyak lawan banyak di sebut komunikasi umum.
b. menurut jumlah yang berkomunikasi
1.     komunikasi perseorangan.
2.     Komunikasi dalam kelompok.
c. menurut cara penyampaian
1.    komunikasi perbal
2.    komunikasi non perbal
3.    komunikasi tertulis
d. menurut maksud komunikasi
1.     memberi perintah atau intruksi
2.     memberi nasehat
3.     memberi saran
4.     berpidato
5.     mengajar atau memberi ceramah
6.     berapat
7.     berunding
8.     menginterview
9.     pertemuan
10.       dan sebagainya
e. menurut lansung atau tidak lansung
1.     (komunikasi lansung: yang di maksud komunikasi lansung yaitu komunikasi tatap muka (face of face)
2.     (komunikasi tidak lansung: yang di maksud komunikasi tidak lansung adalah komunikasi tidak tatap muka , minsalnya di pisahkan oleh jarak, tempat atau jarak waktu
v Hal hal yang mempengaruhi komunikasi
v Di lihat dari komunikator asal berita atau pesan komunikasi di pengaruhi oleh sebagai berikut:
1. kecakapan komunikator
          pengirim berita atau pesan yang baik adalah menguasai cara cara menyampaikan buah pikiran baik secara lisan maupun secara tertulis. Dengan kata lain komunikator harus menguasai tehknik berbicara dalam berkomunikasi
2. Sikap komunikator.
           hasil komunikasi di pengaruhi pula oleh sikap komunikator. sikap sombong, angkuh menyebabkan si pendengar muak dan akan menyebabkan komunikasi terpengaruh dan tidak nyaman
3. Pengetahuan konmunikator
          komunikasi di pengaruhi oleh kekayaan pengetahuan pihak komunikator komunikator yang kaya pengetahuan akan lebih mudah memberikan uraian uraian  dalam menyampaikan pesan atau inpormasi , oleh karena itu agar cakap berkomunikasi seorang perlu rajin membaca dan mencari pengalaman
4. Di lihat dari saluran atau alat tubuh dari komunikator
          Terutama dalam komunikasi lisan. suara yang antep ( besar dan jelas) ucapan yang jelas lagak lagu yang baik, akan menyebabkan bicara menarik.  juga tangan yang sehat dengan gerak-gerik yang baik dapat mendukung komunikator dalam menyampaikan pesan atau berita. sebaliknya gigi yang ompong akan mengganggu dalm pengucapan penyampaian pesan atau berita, oleh karena itu bila ingin berhasil dalam komunikasi  alat-alat tubuh kita harus baik pula terutama alat-alat indra dan alat bicara.
v Dilihat dari komunikan atau penerima pesan
          Keberhasilan komunikasi tidak hanya tergantung pada pihak komunikator atau pembicara tapi jga tergantung dari komunikan atau yang menerima pesan walaupun pihak komunikator telah memenuhi persayaratan. akan tetapi bila pihak komunikan kurang memenuhi, maka hasil komunikasi tetap tidak sesuai yang di harapkan. pengaruh-pengaruh dari pihak komunikan tersebut adalah.
1.     Kecakapan berkomunikasi komunikan. hasil komunikasi juga di tentukan oleh kecakapan berkomunikasi komunikan. kecakapan ini terutama kecakapan mendengarkan dari pembaca atau komunikator walaupun komunikator  cakap berbicara atau menulis, bila komunikan kurang cakap berbicara dan mendengarkan maka hasil komunikasi kurang memenuhi harapan. agar hasil komunikasi baik maka komunikan harus menguasai teknik dalam menerima pesan seperti mendengar dll.
2.      Sikap komunikan. hasil komunikasi juga di pengaruhi oleh komunikan kadang - kadang komunikan telah menaruh curiga terhadap komunikator sehingga membuat komunikasi tidak sesuai.



0 comments: